• Beranda
  • Berita
  • Spesifikasi Pindad Maung Garuda: Kendaraan Prabowo Saat Menuju Istana
Teknologi

Spesifikasi Pindad Maung Garuda: Kendaraan Prabowo Saat Menuju Istana

By Ferdiansyah Senin, 21 Oktober 2024 Pengunjung (25) 2 Menit Bacaan
spesifikasi-pindad-maung-garuda-kendaraan-prabowo-saat-menuju-istana Presiden Prabowo melambaikan tangan di Jalan Sudirman, Jakarta, usai pelantikannya bersama Wakil Presiden Gibran. (Foto: KOMPAS.com/Antonius Aditya Mahendra)

BERITANESIA.id - Setelah dilantik sebagai Presiden ke-8 Republik Indonesia pada Minggu (20/10), Prabowo Subianto memilih menggunakan kendaraan istimewa, yaitu Maung 'Garuda' buatan PT Pindad.

Dalam iring-iringan menuju Istana Kepresidenan dari Gedung MPR, Prabowo tampil berbeda dengan memilih kendaraan berwarna putih, tidak seperti presiden-presiden sebelumnya yang biasanya menggunakan mobil berwarna hitam. Kendaraan Maung yang dipilih Prabowo bukanlah versi standar, melainkan model yang lebih spesial dengan tampilan yang mencolok. Mobil SUV tangguh ini memiliki bodi lebih panjang dan dilengkapi dengan emblem 'Garuda' di bagian belakangnya.

Melalui unggahan di akun Instagram resmi PT Pindad, kendaraan ini dikenal sebagai MV3 Garuda Limousine, yang merupakan hasil pengembangan terbaru dari model MV3, dirancang secara khusus sesuai arahan langsung dari Prabowo.

PT Pindad menyatakan, "Dengan terwujudnya kendaraan Garuda Limousine Kepresidenan ini, kami membuktikan kemandirian bangsa Indonesia," dalam pernyataan resmi mereka pada Minggu (20/10).

Presiden Prabowo juga mengungkapkan keyakinannya bahwa mobil produksi dalam negeri ini adalah simbol kerja keras PT Pindad untuk mencapai kemandirian nasional.

Spesifikasi Pindad Maung Garuda

Garuda Limousine yang dikembangkan PT Pindad ini dirancang khusus dari model MV3 untuk digunakan oleh Presiden dan Wakil Presiden RI. Kendaraan berwarna putih ini menampilkan desain eksklusif, maskulin, serta dilengkapi berbagai fitur canggih dan tingkat perlindungan tinggi.

Eksterior Garuda dilengkapi dengan footstep otomatis di sisi kendaraan untuk memudahkan akses masuk dan keluar. Logo Garuda, yang melambangkan kekuatan dan dinamika, terpasang di beberapa bagian kendaraan, termasuk grille dan velg. Meskipun mobil bergerak, logo tersebut tetap jelas terlihat.

Grille depan kendaraan ini terinspirasi dari motif batik parang, yang mencerminkan kearifan lokal Indonesia. Di bagian belakang, dua knalpot ganda ditambahkan untuk meningkatkan performa kendaraan.

Interior Garuda Limousine dirancang dengan nuansa kayu, dilengkapi kursi captain seat yang dapat diatur secara elektrik dengan leg rest dan panel kontrol sentuh. Fitur tambahan lainnya termasuk head unit 12 inci, kamera 360 derajat, LED smart TV, penyimpanan dingin, serta akses WiFi portabel.

Kendaraan ini memiliki dimensi panjang 5,05 meter, lebar 2,06 meter, dan tinggi 1,87 meter dengan bobot 2,95 ton. Ditenagai oleh mesin berkekuatan 199 HP, Garuda Limousine menggunakan transmisi otomatis 8 percepatan, dengan kecepatan maksimum hingga 100 km/jam.

Dari segi keamanan, bodi mobil ini dilengkapi dengan composite armor yang tahan terhadap peluru kaliber 7,62 x 51 mm NATO dan 5,56 x 45 mm M193. Selain itu, kaca antipeluru level B5/B6 dan ban Run Flat Tyre (RFT) memastikan kendaraan tetap dapat berjalan meskipun mengalami kerusakan pada ban.

Berita Lainnya