Vita Ervina Beri Perhatian dalam Pengembangan Bibit


Purworejo-Vita Ervina, SE, MBA, Anggota Komisi IV DPR RI Fraksi PDIP,  memanfaatkan masa resesnya untuk berkunjung ke sentra bibit yang berada di Kec Kemiri, Purworejo. Bertempat di Gedung Balai Penyuluhan Petani Kec Kemiri dilaksanakan diksusi untuk serap aspirasi para kelompok tani, terutama untuk mengetahui permasalahan dan kebutuhan dalam pengembangan bibit, Selasa (7/1/2020). Dalam kegiatan turut hadir, diantaranya anggota DPRD, Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Perikanan dan Kelautan serta kelompok tani.

Kabupaten Purworejo ini telah dikenal dengan sentra bibitnya, yang menjadi pusat sentra berada di Kec Kemiri, jadi mayoritas penduduknya berprofesi sebagai petani tanaman berbagai jenis tersebut. "Purworejo sangat potensi untuk dikembangkan menjadi sentra bibit, karena semua bibit tanaman tersedia mulai dari buah-buahan, bunga, herbal, pohon kayu dan lain-lain, bahkan tidak hanya tersedia, tapi juga berkualitas " tutur Vita.

Sependapat dengan Vita, Dinas Pertanian Purworejo terus berupaya mendukung para penangkar benih untuk terus maju. "Pemerintah Daerah saat ini, juga konsen dalam pengembangan sentra bibit, diantaranya memfasilitasi pembentukan asosiasi dan kampung bibit, agar memudahkan penangkar memasarkan produk dan menjual dengan harga yang tidak saling menjatuhkan satu dengan yang lain" terangnya.

Supriyono, sebagai salah satu penakar bibit setelah mendengar dan tatap muka langsung dengan vita dan stakholder pemerintah daerah sangat antusias mendengar kabar baik bahwa pemerintahan memberi perhatian yang serius. "Para petani disini, hal yang mendesak diperlukan adalah pasar bibit terpadu dan representatif agar mudah transaksinya" ungkapnya.

Vita juga menyempatkan melihat langsung sentra bibit yang berada di Desa Rejawinangun, Kemiri. "Saya berharap, para penangkar bibit untuk terus semangat dalam meningkatkan kuantitas dan kualitas bibit, agar dapat meningkatkan kesejateraan penangkar" tegas Vita.

Tags