Gaya Hidup

Yogyakarta Berkuliner

By Minggu, 12 Mei 2019 Pengunjung (1387) 3 Menit Bacaan
yogyakarta-berkuliner -

Seribu satu menu, sejuta rasa, itulah kekayaan kuliner yang dimiliki Indonesia. Lidah Andapun diajak “traveling” mencicipi berbagai makanan khas daerah.  Mulai dari gulai daging yang kaya akan cita rasa sampai pisang goreng serta minuman kelapa muda yang menyegarkan – kuliner di Indonesia sangat beragam. Ada yang mengatakan bahwa belum makan namanya jika belum makan nasi. Maka dari itu, untuk sarapan di pagi hari biasanya menu nasi goreng menjadi andalan, begitu juga pada saat makan siang dan makan malam, nasi masih menjadi makanan utama lengkap beserta lauk pauknya. Jogakarta merupakan kota kecil. Untuk mengilustrasikan ini, bagi masyarakat Jogjakarta 2 kilometer dianggap sangat jauh. Ketika berada di dalam kota Anda bisa sedikit mengolahragakan kaki Anda, naik andong/ delman, naik bus dan alat transportasi umum, naik taksi atau mencoba bagaimana rasanya naik becak. Jika Anda ingin mengunjungi tempat-tempat menarik di dalam kota, akan lebih baik dengan berjalan kaki.

Berjalan-jalan di Jalan Malioboro, jalan ini di penuhi oleh orang- orang yang menjual souvenir- souvenir menarik. Pasar Bering Harjo di jalan Malioboro menawarkan produk-produk yang lebih murah. Jangan lupa untuk menawar setiap barang yang  Anda beli.
•    Kunjungi Kota Gede, pusat kerajinan dan perhiasan perak. Anda juga bisa melihat proses pengerjaan perak. Barang yang djual di sini lebih mahal karena lebih istimewa. Untuk mendapatkan perhiasan perak yang biasa namun tetap indah, belilah di Malioboro.
•    Kunjungi Kasongan jika anda menyukai kerajinan tembikar.
•    Jelajahi kota mulai dari Kraton sampai ke Taman Sari, tempat di mana raja-raja terdahulu dan kelurga mereka menghabiskan hari-hari mereka, berenang dan menikmati hidup.
•    Melakukan perjalanan ke candi Borobudur dan Loro Jonggrang (Prambanan) akan sangat menyenangkan sekaligus akan membuat anda berdecak kagum ketika melihat candi-candi yang megah dan agung ini.

Yogjakarta  sangat terkenal dengan kesenian dan kerajinan. Ada banyak pilihan yang dapat di pilih: mulai dari kain batik, kerajinan perak dan perhiasan perak, tembikar sampai ke wayang yang terbuat dari kulit sapi dan kayu. Anda juga bisa membawa beberapa kotak bakpia untuk keluarga dan sahabat anda. Bakpia tidak tahan lama jadi, tanyakan tanggal kadaluarsanya pada penjual. Ada beberapa wisata kuliner yang wajib di kunjungi di Jogjakarta, Gudeg adalah salah satu makanan andalan Jogjakarta. Makanan ini dibuat dari nangka muda dengan bumbu tradisional, kadang- kadang dengan telur dan ayam. Kulit sapi, dimasak sampai empuk biasanya di makan bersama dengan gudeg dan nasi. Kebanyakan restoran di Jogjakarta menjual makanan ini. 

Tag Terkait :

Berita Lainnya