5 Manfaat Minyak Zaitun


BERITANESI.ID- Salah satu obat herbal yang sering digunakan masyarakat saat ini adalah minyak zaitun. Kandungan minyak ini didapat dari buah zaitun yang memiliki nama latin Olea europaea. Pohon zaitun dikenal tumbuh subur di sejumlah daratan Mediterania.

Secara biologis, keberadaan minyak zaitun muncul dari pohon zaitun yang tumbuh lambat, memiliki batang keriput dan abu-abu ramping dengan cabang pecah-pecah. Pohon zaitun bisa tumbuh hingga 50 meter di habitat alami mereka dan hidup dalam kurun waktu yang cukup lama yaitu selama lebih dari 500 tahun.

Untuk mendapatkan minyak zaitun ada serangkaian proses yang harus dilalui. Berdasarkan proses ekstraksi yang dilewati dan jumlah kandungan asam oleat di dalamnya, minyak zaitun terbagi menjadi tiga varian, yaitu extra virgin, virgin, dan refined (light).

Berikut aneka manfaat minyak zaitun yang dikutip dari laman website Alodokter.com:

1. Mencegah Terjadinya Serangan Jantung

Salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia adalah serangan jantung. Oleh karenanya potensi tersebut dikurangi dengan rajin mengonsumsi minyak zaitun.

Kandungan antioksidan di dalam minyak zaitun juga berperan untuk mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung. Hal ini karena minyak zaitun tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh, sehingga tidak menumpuk di pembuluh darah. Penumpukan kolesterol dan lemak jahat di pembuluh darah acap kali menjadi penyebab stroke yang berimplikasi pada penyakit lainnya yang menyerang tubuh.

Minyak sehat ini justru baik dikonsumsi untuk mencegah penumpukan kolesterol yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular, seperti serangan jantung dan stroke.

2. Menekan Jumlah Kadar Kolesterol

Manfaat minyak zaitun selanjutnya adalah menurunkan jumlah kadar kolesterol. Salah satu caranya adalah dengan mengganti asupan lemak jenuh atau lemak yang berasal dari hewan dengan minyak zaitun, dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) pada penderita kolesterol tinggi.

Selain itu, minyak zaitun juga bisa meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL) sehingga baik untuk kesehatan jantung. Selain minyak zaitun, minyak sehat lain, seperti minyak kanola dan minyak kelapa murni, juga memiliki manfaat serupa.

3. Menjaga Tekanan Darah dari Hipertensi

Di era modern saat ini, salah penyakit yang sering menyerang anak muda adalah hipertensi. Sebagai solusi atas hal tersebut konsumsi minyak zaitu dapat dilakukan secara rutin.

Dilansir dari sebuah riset menyebutkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi minyak zaitun murni sekitar 50–60 ml atau setara kurang lebih empat sendok makan per hari, terlihat memiliki tekanan darah yang lebih terkontrol.

Hal ini diduga berkat kandungan antioksidan dan asam lemak sehat pada minyak zaitun yang dapat membuat pembuluh darah lebih rileks dan mengurangi peradangan di pembuluh darah.

4. Melawan Pertumbuhan Sel Kanker

Salah satu manfaat minyak zaitun adalah untuk mematikan sel kanker yang tumbuh dalam tubuh. Caranya adalah dengan menjaga pola makan sehat dengan menggunakan minyak zaitun untuk mengolah makanan, dapat meningkatkan kadar antioksidan di dalam tubuh.

Antioksidan merupakan zat yang dapat mencegah dan memperbaiki kerusakan sel akibat paparan radikal bebas. Antioksidan juga diketahui dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

5. Meningkatkan Kecerdasan Otak

Manfaat minyak zaitun yang sering terlewat adalah untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan dan fungsi otak. Sebuah riset menyebutkan bahwa kandungan zat antioksidan dan antiradang pada minyak zaitun dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit pada otak, seperti stroke dan demensia.

(NA)

Tags