Gunung Ruang Menggegerkan! Statusnya Naik ke Level Awas Akibat Potensi Tsunami dari Erupsi Besar


Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, menjadi level IV atau Awas. (AFP/STR)

BERITANESIA.ID - Guncangan alam kembali merambah Indonesia, kali ini Gunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, menjadi pusat perhatian. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dengan tegas meningkatkan statusnya dari Siaga ke Awas.

Pimpinan PVMBG, Hendra Gunawan, mengumumkan perubahan ini pada Rabu (17/4) pukul 21.00 WITA. Rekomendasinya sangat jelas: area enam kilometer dari puncak harus dihindari. "Gunung Ruang semakin ganas, muntahan awan panas telah mencapai ketinggian 1,7 kilometer," ujarnya dalam laporan yang diumumkan di Jakarta pada Rabu malam.

Keputusan ini tidak main-main, karena ancaman tsunami akibat awan panas yang mencapai laut begitu besar. Untuk mengurangi risiko, warga di pantai barat Pulau Tagulandang telah dievakuasi ke pantai timur.

Kejadian gempa tektonik di Laut Maluku sebelumnya telah menjadi pemicu peristiwa vulkanik ini. Pada 9 April 2024, gempa tektonik dengan kekuatan 6,4 magnitudo terjadi 94 kilometer barat laut Pulau Doi, Maluku Utara. Lima hari kemudian, gempa lagi dengan kekuatan 5,1 magnitudo dan kedalaman 10 kilometer tercatat 122 kilometer barat daya Pulau Doi.

Gunung Ruang, setinggi 725 meter di atas permukaan laut, kini menjadi pusat perhatian. Terletak di Desa Tulusan, Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara, gunung strato ini telah membentuk pulau tersendiri yang memisahkannya dari pulau lainnya.

PVMBG terus memantau situasi dari Pos Pengamatan Gunungapi (PGA) di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara. Waspada dan siaga adalah kunci dalam menghadapi alam yang tak terduga. (dw/bn)