Program Pengenalan Budaya dan Bahasa Jepang di SMP IT Bina Masyarakat Mandiri Kecamatan Megamendung Bogor


BERITANESIA.ID, Bogor - Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Bina Masyarakat Mandiri (SMP IT BMM) merupakan sekolah yang tidak berbayar, ditujukan untuk siswa dari keluarga yang kurang mampu. Sekolah ini berlokasi di Desa Cipayung Girang Kecamatan Megamendung Kabupaten Jawa Barat. Salah satu komunitas di Jepang tertarik dengan sekolah ini dan menyediakan beasiswa kunjungan ke Jepang bagi siswa-siswa di sekolah ini. Masalah yang dihadapi adalah para siswa tidak memiliki gambaran mengenai negara Jepang dan juga tidak memiliki kemampuan Bahasa Jepang sama sekali. 

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Pakuan diharapkan bisa membantu menjawab masalah yang dihadapi sekolah ini. Kegiatan yang dilakukan meliputi pengajaran huruf Hiragana dan Katakana, pelatihan memberikan salam dengan gesture yang benar, pengenalan budaya dan kehidupan di Jepang. Selain memberikan pengajaran, ada juga pemberian media pembelajaran seperti poster dan kartu huruf (flash card) Hiragana-Katakana. 

Tim Pengabdian kepada Masyarakat terdiri dari dosen-dosen Program Studi Sastra Jepang FISIB UNPAK, dibantu oleh beberapa orang mahasiswa. Kegiatan ini diketuai oleh Helen Susanti, M.Si dan beranggotakan Rina Fitriana, M.Hum. Dibantu oleh 2 orang mahasiswa yaitu Arifiani Azzah dan Oktavia Nur Afrianti. Kegiatan ini juga melibatkan narasumber yaitu Mugiyanti, M.Si., Paramita Winny H., M.Si., Alo Karyati, M.Pd., dan Agatha Trisari, M.Hum.

Program Pengenalan Budaya dan Bahasa Jepang dimulai sejak bulan November 2023. Program ini dibagi menjadi 5 kali pertemuan dengan materi yang berbeda, dan berakhir di tanggal 23 Januari 2024. Pesertanya adalah siswa SMP IT Bina Masyarakat Mandiri dari kelas 7 hingga kelas 9 yang semua berjumlah 57 orang. Metode yang digunakan dalam pelatihan ini berupa ceramah dan praktek langsung. Di akhir program, siswa sudah bisa mempraktekkan salam dalam Bahasa Jepang, menggunakan sumpit, membuat origami dan menari Bon Odori (tarian tradisional Jepang)

Melalui kegiatan ini diharapkan siswa bisa mendapatkan beasiswa kunjungan ke Jepang dan ketika berkunjung ke sana, siswa sudah memiliki bekal pengetahuan Bahasa dan budaya Jepang.