• Beranda
  • Berita
  • Hanging Garden: Solusi Pemanfaatan Lahan Sempit sebagai Ruang Hijau di SMPN 3 Bogor
Nasional

Hanging Garden: Solusi Pemanfaatan Lahan Sempit sebagai Ruang Hijau di SMPN 3 Bogor

By Selasa, 21 November 2023 Pengunjung (299) 2 Menit Bacaan
hanging-garden-solusi-pemanfaatan-lahan-sempit-sebagai-ruang-hijau-di-smpn-3-bogor -

BERITANESIA.ID, Bogor - Melalui Program Hibah Internal Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Pakuan tahun 2023, Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Fakultas Teknik Universitas Pakuan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di SMPN 3 Kota Bogor berupa sosialisasi pemanfaatan lahan sempit sebagai ruang hijau dan pengadaan penanaman tanaman gantung (hanging garden) di sekolah tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim pengabdi (Novida Waskitaningsih S.T., M.T, Yusi Febriani S.P., M.Si., dan Dr.Ir Indarti Komala Dewi, M.Si) yang dibantu oleh dua orang mahasiswa (Denaya Putri Tien Sutini dan M. Sabilal Alif) dan satu orang tenaga kependidikan (M. Lutfi). Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan guru dan siswa tentang pentingnya ruang hijau dan pemanfaatan lahan sempit sebagai ruang hijau di sekolah. 


SMP N 3 Bogor dipilih sebagai mitra pengabdian karena selain lokasinya yang berdekatan dengan Universitas Pakuan, sekolah ini juga tidak memiliki lahan yang luas yang dapat dimanfaatkan sebagai ruang hijau. Selain itu, sekolah ini pernah mengadakan penghijauan dan menjadi sekolah berbudaya lingkungan (SBL) pada tahun 2011 dan dua tahun berturut-turut menjadi sekolah adiwiyata tingkat kota dan tingkat provinsi pada tahun 2012 dan 2013. Akan tetapi, kegiatan penghijauan di SMP N 3 Bogor ini terhenti karena adanya pandemi covid 19 yang mengharuskan kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di rumah sehingga berdampak pada tidak terawatnya tanaman di sekolah. Oleh karenanya kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dan siswa SMP N 3 Bogor tentang pentingnya ruang hijau serta mewujudkan kembali ruang hijau dengan memanfaatkan lahan sempit di lingkungan sekolah. Dalam jangka panjang, diharapkan kegiatan ini dapat mendukung SMP N 3 Bogor kembali menjadi sekolah berbudaya lingkungan, bahkan menjadi sekolah adiwiyata mandiri. 


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan pada Jumat, 17 November 2023. Kegiatan yang diikuti oleh 6 orang guru dan 15 orang siswa SMP N 3 Bogor ini diawali dengan sosialisasi oleh Ibu Yusi Febriani S.P., M.Si tentang definisi, jenis, bentuk, dan pentingnya ruang terbuka hijau (RTH) bagi lingkungan. Selain itu peserta juga mendapatkan informasi dan keterampilan mengenai cara pemanfaatan lahan sempit di lingkungan sekolah sebagai ruang terbuka hijau serta cara perawatannya. Kegiatan ini dilanjutkan dengan praktik pengadaan 50 pot tanaman gantung bersama-sama dan diakhiri dengan penyerahan kelima puluh tanaman gantung secara simbolis kepada Kepala Sekolah (Bapak H. Warsadi, S,Pd, M.Pd) dan Wakasek Humas SMP N 3 Bogor (Ibu Elis Krisnawati, S.Pd).


Tag Terkait :

Berita Lainnya