Mata Air Penyebab Longsor Gunung Mas


Ilustrasi

BERITANESIA.ID - Longsor yang terjadi pada Senin (11/1) dini hari di kawasan Gunung Mas, Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat sempat membuat kemacetan panjang di kawasan tersebut. Berdasarkan keterangan Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggunalangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, M. Adam Hamdani, bencana tersebut terjadi tepatnya di Desa Tugu Selatan, Cisarua.

Ditemui di tempat berbeda, Sekretaris BPBD Kabupaten Bogor, Budi Pranowo menjelaskan bahwa penyebab tanah longsor tersebut adalah adanya aliran air dan mata air yang tersumbat sehingga meluap. Luapan air tersebut menjalar ke arah tebing di sekitarnya dan membawanya ke jalur jalan raya hingga menutup akses yang dilalui kendaraan. Berdasarkan pantauan beritanesia.id, longsor menutup akses jalan sepanjang kurang lebih 20 meter. 

Budi memastikan, tidak ada korban jiwa ataupun bangunan yang rusak akibat longsor tersebut, namun, pihaknya menghimbau pengguna kendaraan yang melintas jalur tersebut agat mematuhi aturan darurat buka tutup jalur di sekitar lokasi.

Pembersihan di area lokasi kejadian dilakukan oleh Dinas Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dengan mengerahkan alat berat untuk membersihkan sisa longsor yang menutupi jalan. Dari BPBD juga melakukan penyemprotan dengan  menggunakan truk high pressure dan melibatkan 10 personil yang saat ini berada di lokasi kejadian. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga sudah mengalihkan aliran mata air ke sungai Cikamasan, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan.

Pemerintah menghimbau kepada warga Bogor dan para pengendara agar tetap berhati – hati dan waspada karena musibah dapat terjadi dimana saja dan kapan saja, terlebih lagi sekarang musim hujan dimana rawan terjadi kecelakaan.

Penulis : Dara Sita Lauvea
Editor : FFA