• Beranda
  • Berita
  • Nikmat Tapi Berisiko, Tidur Bersama Hewan Peliharaan Bisa Berbahaya
Kesehatan

Nikmat Tapi Berisiko, Tidur Bersama Hewan Peliharaan Bisa Berbahaya

By Ferdiansyah Sabtu, 05 Oktober 2024 Pengunjung (67) 1 Menit Bacaan
nikmat-tapi-berisiko-tidur-bersama-hewan-peliharaan-bisa-berbahaya ilustrasi tidur bersama hewan peliharaan. (foto : kompas.com)

Tidur bersama hewan peliharaan memang memberikan rasa nyaman dan aman setelah seharian beraktivitas. Anabul kesayangan bisa menjadi teman tidur yang menyenangkan. Namun, meskipun banyak yang merasa senang melakukannya, tidur bersama hewan peliharaan ternyata memicu pro dan kontra. Beberapa orang masih khawatir terhadap risiko kesehatan dan keamanan yang bisa ditimbulkan.

Menurut Real Simple, tidur dengan hewan peliharaan memiliki manfaat seperti memperkuat ikatan emosional antara pemilik dan hewan, serta memberikan rasa nyaman. Meski begitu, ada juga beberapa risiko yang perlu diperhatikan.

Risiko Tidur Bersama Hewan Peliharaan

  1. Gangguan Kualitas Tidur
    Salah satu risiko utama adalah terganggunya kualitas tidur. Banyak pemilik hewan melaporkan bahwa pergerakan hewan di malam hari bisa mengganggu tidur mereka. Tidur nyenyak menjadi sulit tercapai.

  2. Alergi dan Masalah Kesehatan
    Bagi mereka yang alergi terhadap bulu atau alergen lain, tidur bersama hewan peliharaan bisa memicu bersin atau gejala alergi lainnya. Ini tentunya bisa menjadi masalah bagi kesehatan jangka panjang.

  3. Keamanan
    Keamanan juga menjadi pertimbangan penting, terutama bagi yang memiliki hewan peliharaan berukuran besar dan aktif. Gerakan tiba-tiba atau berat badan hewan bisa menyebabkan cedera, baik pada hewan maupun pemilik.

Meskipun memberikan rasa nyaman, tiga risiko di atas perlu dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan untuk tidur bersama hewan peliharaan.

Berita Lainnya