• Beranda
  • Berita
  • Agar Badan Tidak Lemas Minum Apa? Ini 6 Minuman yang Ampuh Atasi Lemas!
Kesehatan

Agar Badan Tidak Lemas Minum Apa? Ini 6 Minuman yang Ampuh Atasi Lemas!

By Ferdiansyah Rabu, 18 September 2024 Pengunjung (23) 2 Menit Bacaan
agar-badan-tidak-lemas-minum-apa-ini-6-minuman-yang-ampuh-atasi-lemas Ilustrasi agar badan tidak lemas minum apa? (sumber foto: Alodokter)

BERITANESIA.id - Sering merasa tubuh lemas dan kurang bertenaga? Jangan khawatir, beberapa jenis minuman bisa membantu memulihkan energi Anda. Jadi, agar badan tidak lemas minum apa? Ada beberapa jenis minuman yang terbukti ampuh meningkatkan stamina, seperti air putih, kopi, teh hijau, hingga jus buah. Selain minuman, menjaga pola hidup sehat seperti tidur yang cukup, mengonsumsi makanan bergizi, serta berolahraga secara rutin sangat penting untuk menjaga vitalitas tubuh. Berikut ini adalah 6 minuman yang bisa Anda coba untuk mengembalikan tenaga yang hilang.

  1. Air Putih
    Kekurangan cairan dapat menyebabkan otot dan otak bekerja kurang optimal, yang membuat Anda merasa lemas. Untuk mencegahnya, minumlah setidaknya 2 liter air per hari atau sekitar 8 gelas. Air putih membantu menjaga hidrasi tubuh dan mengoptimalkan fungsi organ, sehingga Anda tetap bertenaga sepanjang hari.

  2. Kopi
    Kopi mengandung kafein yang merupakan stimulan alami. Kafein ini bekerja dengan mengikat reseptor adenosin di otak, membuat Anda merasa lebih waspada dan fokus. Kopi hitam tanpa gula juga bisa meningkatkan energi secara efektif dan menjaganya stabil sepanjang hari.

  3. Teh Hijau
    Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat mengurangi stres oksidatif dan inflamasi dalam tubuh. Dengan mengonsumsi teh hijau, Anda bisa merasakan tubuh yang lebih segar dan energik.

  4. Smoothie
    Smoothie kaya akan makronutrien seperti karbohidrat, protein, dan lemak, yang semuanya membantu memberikan energi tambahan. Namun, hindari menambahkan gula berlebih agar manfaatnya tetap optimal.

  5. Jus Buah dan Sayur
    Walaupun lebih baik mengonsumsi buah dan sayur langsung, jus buah dan sayur juga tetap baik karena mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang mendukung sirkulasi darah ke otak, sehingga mengurangi rasa lemas.

  6. Jus Buah Bit
    Penelitian menunjukkan bahwa jus buah bit dapat meningkatkan aliran darah ke otak dan otot, yang membantu mengurangi kelelahan. Minuman ini bisa menjadi pilihan yang efektif untuk mengatasi rasa lemas.

Memahami jenis minuman yang dapat mengatasi lemas sangatlah penting. Namun, jika rasa lemas yang Anda rasakan semakin parah atau berkepanjangan, sebaiknya konsultasikan ke dokter karena bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan lain.

Berita Lainnya