Pembuatan SOP Digital Koperasi Wanita oleh Tim Dosen Pengabdi Ilmu Komunikasi FISIB Unpak


BERITANESIA.id - Koperasi Wanita “Usaha Wanita Mandiri” (KOPWAN jadi UTAMA) merupakan koperasi yang beranggotakan khusus perempuan. Koperasi ini dibentuk dengan tujuan untuk mensejahterakan anggotanya. Koperasi ini merupakan koperasi khusus untuk anggota wanita dan berdomisili di Kota/Kabupaten Bogor. Anggota maupun pengurus semuanya wanita. Koperasi  ini telah berdiri dari tahun 2008 di Kabupaten Bogor.

Untuk mengoptimalkan kinerja Kopwan Utama, dua orang pengajar Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pakuan, yaitu Mariana R A Siregar  dan Qoute Nuraini melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat mencoba membantu mengoptimalkan kinerja Kopwan Utama dengan membuat standar operasional prosedur koperasi menjadi lebih mudah difahami dan dimengerti oleh anggota Kopwan Utama. 

“Pelatihan dan pendampingan penguatan manajemen komunikasi organisasi Kopwan UTAMA dilakukan pada bulan Mei-Juli 2020”, ujar Mariana selaku ketua tim pengabdi. Penyusunan standar operasional prosedur (SOP) dalam bentuk digital merupakan bentuk pengabdian tim pengabdi untuk menguatkan penyebarluasan informasi aturan oleh pengurus kepada anggotannya.

 SOP digital yang didampingi proses pembuatannya adalah standar operasional prosedur mengenai peraturan khusus tentang pembiayaan syariah, standar operasional prosedur  mengenai  peraturan khusus tentang pembiayaan pinjaman, standar operasional prosedur  mengenai  peraturan khusus mengenai pembiayaan pinjaman Usaha Sistem Bagi Hasil, standar operasional prosedur  mengenai  peraturan khusus mengenai pinjaman untuk pendidikan, standar operasional prosedur  mengenai  peraturan khusus mengenai sisa hasil usaha, standar operasional prosedur  mengenai  peraturan khusus mengenai pemanfaatan dana infaq dan shodaqoh, dan standar operasional prosedur  mengenai  peraturan khusus mengenai penerimaan anggota baru dan kelompok baru.

Standar operasional prosedur  dibuat dalam bentuk audio visual, sehingga bisa memudahkan anggota Kopwan Utama dalam waktu yang singkat untuk memahami isi dari peraturan –peraturan yang telah ada di dalam AD/ART Koperasi yang telah ditetapkan sebelumnya.  “Pesan dalam Standar Operasional prosedur tersebut telah disederhanakan dan disesuaikan penyampaian pesannya untuk karakteristik khalayak dengan latar belakang pendidikan, ekonomi, profesi yang beragam melalui media whatsapp”, ujar Qoute selaku anggota tim.

“Dengan adanya SOP bentuk video ini memudahkan saya selaku ketua koperasi dalam menyosialisasikan dan mengingatkan aturan-aturan yang berlaku” ungkap Vivi Muzly ketua Kopwan Utama saat ini ketika ditanyai responnya mengenai pelatihan, pendampingan, serta produk yang dibuat oleh tim pengabdi Unpak tersebut.

Tags