• Beranda
  • Berita
  • 5 Buah yang Ampuh Meningkatkan Mood, Hati Nyaman dan Tubuh Sehat
Gaya Hidup

5 Buah yang Ampuh Meningkatkan Mood, Hati Nyaman dan Tubuh Sehat

By Ilham Ardanmas Rabu, 04 September 2024 Pengunjung (39) 2 Menit Bacaan
5-buah-yang-ampuh-meningkatkan-mood-hati-nyaman-dan-tubuh-sehat Ilustrasi. Buah-buahan segar seperti pisang, alpukat, dan semangka, dikenal mampu meningkatkan suasana hati serta memberikan manfaat kesehatan lainnya. (gizifpok)

BERITANESIA.ID, Jakarta - Suasana hati yang berubah-ubah bisa mempengaruhi produktivitas sepanjang hari. Namun, tahukah Anda bahwa ada buah-buahan tertentu yang dapat membantu meningkatkan mood Anda secara alami?

Dalam kehidupan yang penuh dengan stres dan kejutan, seperti kabar terbaru dari dunia hiburan atau politik, menjaga mood tetap stabil menjadi penting. Meskipun banyak orang memilih makanan manis atau berlemak untuk memperbaiki mood, pilihan tersebut sering kali tidak sehat dan bisa berisiko bagi kesehatan.

Berikut adalah lima buah yang tidak hanya sehat, tetapi juga ampuh dalam meningkatkan mood Anda.

  1. Pisang Pisang sering dijadikan camilan saat berolahraga karena praktis dan mampu meningkatkan energi. Namun, manfaat pisang tidak berhenti di situ. Pisang kaya akan vitamin B6 yang berperan penting dalam produksi serotonin, hormon yang mengatur mood. Selain itu, kandungan triptofan dalam pisang membantu menciptakan perasaan tenang dan relaksasi.                                    

    Ilustrasi. Pisang termasuk buah untuk meningkatkan mood. (Freepik)
    Ilustrasi. Pisang termasuk buah untuk meningkatkan mood. (Freepik) 
  2. Kelompok Berries Stroberi, blueberry, dan raspberry tidak hanya lezat, tetapi juga kaya akan antioksidan. Antioksidan ini membantu melawan stres oksidatif yang berhubungan dengan gangguan mood. Vitamin C dalam berries juga mendukung produksi dopamin, hormon yang berhubungan dengan perasaan senang dan bahagia.

    Ilustrasi. rasbery, strowbary, bluebary termasuk buah untuk meningkatkan mood. (Freepik)
    Ilustrasi. Kelompok Berries termasuk buah untuk meningkatkan mood. (Freepik) 

     

  3. Alpukat Alpukat dikenal dengan kandungan lemak tak jenuh tunggal yang sehat, yang juga bermanfaat bagi fungsi otak. Lemak ini mendukung kerja neurotransmitter yang berperan dalam pengaturan mood. Alpukat juga kaya akan vitamin E, B6, asam folat, kalium, dan magnesium yang semuanya penting untuk fungsi otak yang optimal dan suasana hati yang stabil.

    Ilustrasi. alpukat termasuk buah untuk meningkatkan mood. (Freepik) 
  4. Semangka Semangka adalah pilihan sempurna untuk cuaca panas, tidak hanya menyegarkan tetapi juga membantu mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Mood yang buruk seringkali berkaitan dengan dehidrasi, dan semangka bisa menjadi solusi untuk menjaga suasana hati tetap baik.

    Ilustrasi. semangka termasuk buah untuk meningkatkan mood. (Hallodoc) 

     

  5. Jeruk Saat mood sedang turun, jeruk bisa menjadi pilihan yang baik. Jeruk kaya akan elektrolit yang membantu menghidrasi tubuh dengan baik. Ketika tubuh terhidrasi dengan baik, mood pun cenderung membaik, menjadikan jeruk sebagai buah yang patut dilirik saat suasana hati sedang tidak baik.

    Ilustrasi. Jeruk termasuk buah untuk meningkatkan mood. (RRI) 

     

Berita Lainnya