• Beranda
  • Berita
  • Penguatan Manajemen Merek Produk Olahan Ikan oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas...
Nasional

Penguatan Manajemen Merek Produk Olahan Ikan oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pakuan di Desa Purwabakti

By Beritanesia Selasa, 17 September 2024 Pengunjung (41) 2 Menit Bacaan
penguatan-manajemen-merek-produk-olahan-ikan-oleh-tim-pengabdian-kepada-masyarakat-universitas-pakuan-di-desa-purwabakti Penguatan Manajemen Merek Produk Olahan Ikan oleh Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pakuan di Desa Purwabakti

BERITANESIA.ID, Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor – Pada hari Sabtu, 14 September 2024, tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya (FISIB) Universitas Pakuan, yaitu Qoute Nuraini Cahyaningrum, M.I.Kom, Tiara Puspanidra, M.Si, dan Sari Rejeki, M.Hum, telah melaksanakan program penguatan manajemen merek untuk produk olahan ikan di Desa Purwabakti, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini bertujuan untuk memperluas pemasaran nugget ikan nila yang dihasilkan oleh komunitas setempat.

Dalam acara yang berlangsung di Poklahsar Mina Bakti Balarea,  Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, para peserta dibekali dengan pengetahuan mendalam mengenai pengelolaan dan pemasaran produk olahan ikan berupa nugget ikan. Program ini mencakup penentuan segmentasi pasar, targeting yang efektif, serta positioning produk nugget ikan nila untuk menjangkau calon konsumen yang lebih luas. Selain itu, pelatihan juga difokuskan pada penguatan elemen merek untuk meningkatkan daya tarik produk di pasar.

“Penguatan manajemen merek ini sangat penting untuk meningkatkan visibilitas dan daya saing produk nugget ikan nila,” kata Qoute, ketua tim PKM. “Kami berharap langkah-langkah yang kami terapkan hari ini akan membantu Poklahsar Mina Bakti Balarea dalam mencapai target pasar yang lebih luas dan meningkatkan keberhasilan penjualan produk mereka.”

Kegiatan ini merupakan bagian dari inisiatif berkelanjutan untuk mendukung pengembangan produk lokal dan memberdayakan masyarakat Desa Purwabakti melalui peningkatan keterampilan manajerial dan pemasaran. Lebih lanjut, para pengurus Pohlaksar diharapkan dapat mengimplementasikan keterampilan pemasaran dan manajemen merek ini untuk produk-produk lain yang mereka hasilkan. Produk olahan makanan dan minuman lainnya yaitu keripik daun pohpohan, madu, gula aren, gula semut aren, dan rengginang.

Berita Lainnya