Beberapa Penjelasan Aplikasi Whatsap MOD Terlarang dan Resiko Menggunakannya


BERITANESIA.ID - WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang paling banyak digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Selain mudah dalam penggunaannya, untuk mendapatkan aplikasi ini dapat diperoleh secara gratis oleh penggunanya.

Di balik kecanggihan aplikasi WhatsApp, masih ditemukan sejumlah pihak tidak bertanggung jawab yang melakukan modifikasi sembarangan.

Belakangan ini karena semakin bayak pengguna WhatsApp, sehingga saat ini banyak pihak ketiga yang  melakukan modifikasi aplikasi WhatsApp tanpa izin yang sah dengan menawarkan fitur tambahan (MOD)

Berikut daftar beberapa aplikasi WhatsApp terlarang beserta bahaya yang mengintai.

1.       GB WhatsApp

GB WhatsApp adalah WhatsApp MOD, aplikasi yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan kontak pengguna, sama halnya seperti aplikasi WhatsApp resmi, namun GB WA ini  memiliki fitur tambahan dan tidak ditemukan di aplikasi resmi, seperti dapat melihat pesan dan status yang telah dihapus oleh pengirim.

WA GB ini merupakan hasil modifikasi pihak ketiga dari aplikasi asli yang dikembangkan tanpa izin sah. WhatsApp Inc pun sama sekali tidak bertanggung jawab atas berfungsinya aplikasi WA GB.

Untuk mendapatkan WA GB pun hanya bisa diinstal dari sumber pihak ketiga di perangkatnya karena tidak tersedia di Play Store atau App Store, sesuai dengan kebijakan penerbitannya.

2.       Yo WhatsApp


WhatsApp MOD selanjutnya yaitu Yo WhatsApp (YoWA) yang dikembangkan oleh developer aplikasi Yousef Al-Basha.

YoWhatsApp menghadirkan fitur yang memungkinkan penggunanya mengunci WhatsApp tanpa Pengunci Aplikasi dari pihak ketiga.

Aplikasi YoWA juga terdapat fitur tambahan yang mana fitur tersebut tidak terdapat dalam aplikasi resmi WhatsApp, seperti pengguna menyembunyikan pesan yang terakhir terlihat untuk kontak pilihan.

3.       WhatsApp MA


Dikarenakan keterbatasan fitur asli dari WhatsApp resmi,  WhatsApp MA membuat terobosan dengan menawarkan fitur lain yang user-friendly namun tidak ada di aplikasi sah.

Kalau sebelumnya setelan tema dari WhatsApp resmi hanya bisa dark and light mode, pengguna WhatsApp MA dapat suka-suka mengganti tema secara bebas.

4.       WhatsApp Indigo


Aplikasi WhatsApp illegal selanjutnya yaitu WhatsApp Indigo yang dimodifikasi untuk menyajikan fitur gelembung berbagai warna, seperti cyan, grey, crayon, pink, dan lainnya.

Dari sekian banyak fitur WhatsApp modifikasi, WhatsApp Indigo memungkinkan pengguna mengirim file sebesar 72 MB, sedangkan di WhatsApp resmi hanya mengizinkan 16 MB.

Tak sampai di situ, kapasitas 72 MB ini bisa mengirim gambar dalam kualitas original dan bukan seperti WhatsApp resmi yang harus memangkas ukuran kualitasnya.

Resiko Menggunakan Aplikasi WhatsApp Ilegal

Meskipun berbagai fitur menarik ditawarkan oleh aplikasi WhatsApp MOD, tetap saja hal tersebut tidak menjamin aman bagi pengguna.

Menurut peneliti online di Internet Research Institute, versi modifikasi WhatsApp lebih rentan menyuntikkan malware dan spyware karena server yang di-hosting kurang aman.

Salah satunya Aplikasi WhatsApp terlarang biasanya tidak dilengkapi fitur enkripsi sehingga perpesanan antara pengguna satu dengan yang lainnya bisa dibaca oleh pihak ketiga.

Hal ini mengakibatkan resiko terjadinya kerusakan data yang dapat mengancam keamanan privasi pengguna.

Penulis : M. Rif'at Azizi
Editor : DW