• Beranda
  • Berita
  • Dukung Kewirausahaan Mahasiswa, BRI dan UI Perkenalkan UI-BRIWORK Startup Center
Bisnis

Dukung Kewirausahaan Mahasiswa, BRI dan UI Perkenalkan UI-BRIWORK Startup Center

By Adhya Jumat, 30 Agustus 2024 Pengunjung (32) 3 Menit Bacaan
dukung-kewirausahaan-mahasiswa-bri-dan-ui-perkenalkan-ui-briwork-startup-center -

Direktur Retail Funding and Distribution BRI Andrijanto dan Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UI Dedi Priadi dalam peresmian UI-BRIWORK Startup Center yang terletak di Gedung Annex Area Balairung UI Kampus Depok, Rabu (21/8/2024). (DOK. Humas BRI)

 

BERITANESIA.id - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) untuk mendorong jiwa kewirausahaan di kalangan mahasiswa melalui peluncuran UI-BRIWORK Startup Center. Kerja sama ini adalah bagian dari inisiatif BRI untuk mengembangkan layanan perbankan yang lebih inovatif dan mendukung perkembangan startup di kalangan mahasiswa.

UI-BRIWORK Startup Center ini berlokasi di Gedung Annex Area Balairung UI Kampus Depok dan menawarkan kombinasi layanan perbankan dengan ruang kerja bersama. Fasilitas ini dirancang untuk mendukung mahasiswa dalam mengembangkan ide-ide bisnis mereka, khususnya yang ingin memulai startup. Peresmian dilakukan oleh Direktur Retail Funding and Distribution BRI, Andrijanto, dan Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UI, Dedi Priadi, pada Rabu (21/8/2024).

UI-BRIWORK adalah community branch keenam yang diinisiasi BRI di lingkungan kampus, menyusul BRIWORK UGM, BOTANI-BRIWORK IPB, BRIWORK UNEJ, BRI-UNS Corner, dan BRIWORK UNPAR. Dengan konsep ini, BRI ingin mempermudah akses mahasiswa ke fasilitas kolaboratif yang mendorong peningkatan kapabilitas dan inovasi.

Direktur Retail Funding and Distribution BRI, Andrijanto, menjelaskan bahwa UI-BRIWORK Startup Center adalah inovasi yang menggabungkan model kantor bank dengan konsep ruang kerja yang lebih fleksibel dan dinamis. “Kami berharap fasilitas ini bisa menjadi katalisator dalam memenuhi kebutuhan mahasiswa UI serta memberikan pengalaman baru yang inovatif di lingkungan kampus,” ungkapnya.

Fasilitas ini dilengkapi dengan berbagai layanan, seperti area perbankan untuk transaksi dengan bantuan banking assistant dan mesin self-service seperti ATM dan Digital CS. Terdapat juga area komunitas yang didedikasikan untuk pembinaan startup, di mana mahasiswa UI akan mendapatkan pelatihan dari para ahli untuk mengembangkan startup mereka hingga dapat melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang SDM dan Aset UI, Dedi Priadi, menekankan bahwa UI-BRIWORK Startup Center bertujuan menciptakan ekosistem kewirausahaan yang mendukung pengembangan usaha rintisan dari civitas akademika UI. Fasilitas ini dirancang untuk membantu startup yang telah melewati fase inkubasi dan memasuki fase akselerasi bisnis dengan mendapatkan pendampingan intensif dan akses ke jaringan investor serta pasar.

UI juga mendukung pengembangan startup melalui program pendanaan hibah UI Incubate. Pada tahun 2023, UI telah menginkubasi 60 tim inventor dan melahirkan 24 startup yang berkontribusi pada penyelesaian permasalahan masyarakat. Di antara startup binaan UI yang telah sukses adalah Flip.id yang mencapai status unicorn, serta THENBLANK, MASKIT, dan Dibimbing.id yang memiliki omset miliaran.

Dedi menambahkan, “Dengan adanya startup center ini, UI berharap dapat mempercepat pertumbuhan startup, menciptakan lapangan kerja baru, dan berkontribusi pada perekonomian nasional, sekaligus menjadikan Indonesia sebagai pusat inovasi dan teknologi di Asia Tenggara.”

Pada acara peresmian, BRI dan UI juga menandatangani perjanjian kerja sama yang mencakup layanan payroll untuk dosen dan staf UI, serta penerbitan kartu mahasiswa berjenis combo untuk 5.000 mahasiswa.

Berita Lainnya