• Beranda
  • Berita
  • Indonesia vs Australia: Wasit Salman Falahi Kembali Menghadapi Sorotan
Olahraga

Indonesia vs Australia: Wasit Salman Falahi Kembali Menghadapi Sorotan

By Ilham Ardanmas Selasa, 10 September 2024 Pengunjung (49) 2 Menit Bacaan
indonesia-vs-australia-wasit-salman-falahi-kembali-menghadapi-sorotan Salman Falahi (kanan) akan pimpin laga Indonesia vs Australia. (AFP/BAY ISMOYO)

BERITANESIA.ID, Jakarta - Wasit Salman Falahi dari Qatar akan memimpin pertandingan seru antara Timnas Indonesia dan Australia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026. Laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno ini akan menjadi ajang pertemuan yang menarik, mengingat Falahi dikenal luas di kalangan penggemar sepak bola Indonesia karena perannya dalam memutuskan gol kontroversial Irak melawan Tim Garuda di Piala Asia 2023.

Pertandingan yang dijadwalkan pada Selasa malam (10/9) akan menjadi bagian dari matchday kedua Grup C di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Fans bisa menyaksikan aksi ini secara langsung di RCTI atau melalui streaming di Vision+.

Falahi akan memimpin seluruh perangkat pertandingan yang juga berasal dari Qatar. "Tim wasit Qatar yang dipimpin oleh Salman Falahi akan memimpin laga antara Indonesia dan Australia, pada tahap ketiga kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026," ungkap The Peninsula.

Komposisi tim wasit mencakup Salman Falahi sebagai wasit utama, dengan Ramzan Al Nuaimi dan Majid Hudaires sebagai asisten wasit satu dan dua, serta Abdulhadi Al Ruwaili sebagai ofisial keempat. Khamis Al Marri dan Muhammad Sharif akan bertugas sebagai Video Assistant Referee (VAR).

Falahi juga dikenal dari penugasannya sebelumnya, termasuk memimpin pertandingan antara Indonesia dan Vietnam di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion GBK pada Maret 2024, yang berakhir dengan kemenangan 1-0 untuk Indonesia berkat gol Egy Maulana Vikri. Namun, Falahi juga mendapat sorotan tajam akibat keputusannya sebagai VAR yang mengesahkan gol kontroversial Irak ke gawang Indonesia di Piala Asia 2023, serta kritik dari mantan pelatih Vietnam, Park Hang Seo.

Kini, Timnas Indonesia bertekad untuk meraih kemenangan perdana di Grup C setelah hasil imbang 1-1 melawan Arab Saudi pada pertandingan pertama. Sementara itu, Australia berusaha bangkit dari kekalahan 0-1 melawan Bahrain di laga pembuka mereka untuk menjaga peluang lolos ke Piala Dunia 2026.

Berita Lainnya