IPB 33 TAN96UH Gelar Gebyar Ramadhan Tan96uh


Alumni IPB angkatan 33 tan96uh menggelar Kajian Islam dalam rangka Gebyar Ramadhan Tan96uh 1443 H, pada Sabtu, 9 April 2022. Materi kajian disampaikan oleh Romy Subanu, Alumni IPB angkatan 33 jurusan Sosial Ekonomi Perikanan yang saat ini berdinas di Pemerintah Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam kajiannya, Romi menyampaikan tema  “Musuh-Musuh Anda Pada Bulan Ramadhan”. “Setan (musuh terbesar manusia) dibelenggu di bulan Ramadhan.  “Apabila datang bulan Ramadhan, dibukalah pintu-pintu surga, dikuncilah pintu-pintu neraka, dan setan-setan dibelenggu.” (HR Al-Bukhari dan Muslim). Shaum saat Ramadhan dan di luar Ramadhan memiliki keistimewaan dalam hal mempersempit ruang gerak setan.  Sisanya yang dibutuhkan adalah memohon pertolongan kepada Allah untuk menundukkan hawa nafsu yang memang tidak dipasung” ujarnya.

Menurutnya,  ada tiga pelajaran dari Ramadhan yang pada hakikanya berfungsi sebagai senjata-senjata melawan setan kapan saja dan di mana saja : 1. Banyak berzikir sebagai pencegah sifat lalai; 2. Sederhana sebagai pencegah sifat boros; 3. Konsentrasi untuk melakukan introspeksi dan perbaikan diri tanpa tenggelam pada hal-hal yang tidak bermanfaat.

Setelah setan dibelenggu di bulan Ramadhan, tinggal 2 musuh lagi: nafsu (yang suka memerintahkan keburukan ) dan keinginan ambisi  yang menyesatkan. Nafsu dapat dikalahkan dengan hati hidup yang sehat dan kepemilikan akan rasa malu , yang menjadikan seseorang senantiasa bertentangan dengan nafsu yang selalu mengarahkannya agar tunduk pada nilai nilai kemuliaan dengan cara menghindari hal hal yang tidak punya arti. Keinginan ambisi dapat dikalahkan dengan akal sehat, tambahnya. 

Harits Kurnia Mustofa selaku moderator menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan rangkaian dari GEBYAR RAMADHAN TAN96UH Alumni IPB angkatan 33.  Gebyar Ramadhan TAN96UH terdiri atas 7 Program TAN96UH: 1. Santunan Yatim Piatu; 2. Buka Bersama 33 TAN96UH; 3. Kajian dan Tausiyah Ramadhan; 4. Wakaf Al Qur'an; 5. Takjil on the Road; 6. Parsel Lebaran Kaum Dhuafa dan 7. Bedah Buku.


Tags