• Beranda
  • Berita
  • Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Segera Dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden...
Nasional

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Segera Dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden Indonesia 2024-2029

By Adhya Kamis, 17 Oktober 2024 Pengunjung (32) 2 Menit Bacaan
prabowo-subianto-dan-gibran-rakabuming-segera-dilantik-sebagai-presiden-dan-wakil-presiden-indonesia-2024-2029 Lokasi pelantikan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden 2024.(ANTARA FOTO/DHEMAS REVIYANTO)

BERITANESIA.ID – Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan segera dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden Indonesia periode 2024-2029. Pasangan Prabowo-Gibran berhasil meraih suara terbanyak dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) yang digelar pada 14 Februari 2024. Berdasarkan hasil rekapitulasi Komisi Pemilihan Umum (KPU), pasangan ini memperoleh 96.214.691 suara atau 58,59 persen dari total suara.

Jadwal dan Lokasi Pelantikan Pelantikan Prabowo dan Gibran dijadwalkan akan dilangsungkan pada Minggu, 20 Oktober 2024, di Gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta. Hal ini sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 3 Tahun 2022 tentang tahapan dan jadwal pemilu.

Susunan Kabinet Prabowo-Gibran Menurut BERITANESIA.ID, Prabowo Subianto akan segera mengumumkan susunan kabinetnya sehari setelah pelantikan, yakni pada 21 Oktober 2024. Kabinet tersebut diperkirakan terdiri dari 46 kementerian, yang didesain untuk mengoptimalkan peran pemerintah. Beberapa kementerian akan dipecah menjadi unit yang lebih kecil guna memaksimalkan fungsinya, seperti Kementerian Kehutanan, Kementerian Lingkungan Hidup, dan Kementerian Pekerjaan Umum.

Sufmi Dasco Ahmad, Ketua Harian Partai Gerindra, menyebutkan bahwa pemerintah baru ini akan membentuk kabinet zaken, yang diisi oleh ahli dari berbagai bidang. Kepastian jumlah kementerian dalam pemerintahan Prabowo-Gibran masih menunggu keputusan final.

Bocoran Nama Calon Menteri Prabowo juga telah memanggil sejumlah tokoh yang diprediksi akan mengisi pos menteri di kabinetnya. Nama-nama ini berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari politisi hingga akademisi. Beberapa nama yang disebut akan masuk dalam kabinet adalah Sugiono (Gerindra), Agus Harimurti Yudhoyono (Demokrat), Zulkifli Hasan (PAN), dan Sri Mulyani (Menteri Keuangan).

Berita Lainnya