• Beranda
  • Berita
  • Puluhan Pengendara Kena Tilang dalam Operasi Zebra di Cibinong, Bogor
Nasional

Puluhan Pengendara Kena Tilang dalam Operasi Zebra di Cibinong, Bogor

By Hilal Ahmad Mujaddid Rabu, 16 Oktober 2024 Pengunjung (18) 2 Menit Bacaan
puluhan-pengendara-kena-tilang-dalam-operasi-zebra-di-cibinong-bogor Operasi Zebra 2024 di Cibinong, Bogor. Sumber gambar (detik.com).

BERITANESIA.ID, Cibinong - Sebanyak 105 kendaraan diperiksa dalam Operasi Zebra 2024 yang digelar di Jalan Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Bogor, Jawa Barat. Pelanggaran paling umum yang dilakukan pengendara adalah tidak mengenakan helm saat berkendara

"Sejauh ini, ada sekitar 105 kendaraan yang kita periksa, dan yang melanggar kita tindak dengan sanksi tilang. Mayoritas pelanggaran di wilayah ini adalah tidak memakai helm," ungkap Kanit Turjawali Satlantas Polres Bogor, Iptu Angga Nugraha, kepada wartawan pada Selasa (15/10/2024).

Dari 105 kendaraan yang diperiksa, sebanyak 70 pengendara dijatuhi tilang. Kebanyakan pengendara beralasan tidak mengenakan helm karena jarak tempuh yang dianggap dekat.

"Sebanyak 70 pengendara kita tilang, dengan alasan mereka tidak memakai helm karena jaraknya dekat," ujarnya.

Dalam operasi ini, polisi menggunakan metode tilang manual dan elektronik (e-TLE). Operasi Zebra kali ini berlangsung di kawasan Cibinong, dan lokasi operasi akan berubah setiap hari.

"Hari ini, kami berada di wilayah Cibinong. Besok dan seterusnya, kami akan bergerak ke lokasi lain, tidak menetap di satu tempat," jelas Angga.

Operasi ini juga bertujuan menindak pelanggaran dan menjaga ketertiban di wilayah yang rawan kecelakaan. "Kami akan fokus melakukan penertiban di wilayah-wilayah yang sering terjadi pelanggaran atau memiliki risiko kecelakaan tinggi," tambahnya.

Sebagai hasil dari operasi ini, tiga sepeda motor disita oleh polisi karena pengendaranya tidak dapat menunjukkan kelengkapan surat-surat kendaraan.

"Mereka awalnya tertangkap tidak mengenakan helm. Setelah diperiksa lebih lanjut, pengendara tidak membawa SIM maupun STNK. Akhirnya, tiga motor tersebut kami angkut," pungkasnya.

Berita Lainnya