Gaya Hidup

3 Cara Mengobati Ambeien secara Alami

By Senin, 13 Desember 2021 Pengunjung (695) 2 Menit Bacaan
3-cara-mengobati-ambeien-secara-alami -

BERITANESIA.ID- merupakan pembengkakan pembuluh darah di bagian bawah rektum dan anus. Terkadang, dinding pembuluh darah ini meregang sangat tipis sehingga pembuluh darah menonjol dan teriritasi, terutama saat Anda buang air besar. Lantas, bagaimana cara mengobati ambeien?

Diketahui, ambeien dikenal juga dengan sebutan wasir. Ambeien ini menjadi salah satu penyebab yang paling umum dari pendarahan dubur.

Cara Mengobati Ambeien

Biasanya, gejala ambeien akan hilang dengan sendirinya setelah beberapa minggu. Namun, biasanya akan menyebabkan ketidaknyamanan ringan hingga berat setelahnya

1. Kompres dingin

Cara berikutnya bisa dengan mengoleskan kompres es atau kompres dingin ke anus untuk meredakan pembengkakan selama 15 menit. Untuk ambeien akut, kompres dingin ini bisa menjadi pengobatan alternatif yang sangat efektif.

Pastikan es dibungkus menggunakan handuk atau kain. Pastikan untuk tidak mengoleskan es secara langsung ke kulit, karena dapat merusak kulit.

2. Lidah buaya

Salah satu cara obati gejala ambeien berikutnya yaitu menggunakan gel lidah buaya. Gel lidah buaya ini mengandung antiinflamasi yang membantu meminimalisir iritasi. Meski belum terbukti secara klinis, namun sejumlah ahli kesehatan menyampaikan bahwa gel lidah buaya aman digunakan sebagai obat untuk penderita ambeien.

2. Mandi air hangat dicampur garam Epsom

Mandi menggunakan air hangat dianggap mampu membantu menyembuhkan iritasi akibat ambeien. Cobalah mandi air hangat yang dicampur garam Epsom sekitar 20 menit setelah setiap buang air besar. Cara ini memberikan kenyamanan dan mengurangi rasa sakit.

(NA)

Tag Terkait :

Berita Lainnya