JAJARAN WILAYAH RI DI TERJANG BANJIR


memasuki musim hujan, sepanjang bulan November, berbagai daerah di Indonesia diterjang bermacam bencana alam termasuk banjir. 

?Berikut daftar daerah di seluruh Indonesia yang terkena banjir:

1.kalimantan barat

Banjir di Sintang telah berjalan lebih dari dua minggu sejak Kamis (21/10) lalu. Banjir ini merendam 12 kecamatan dengan kedalaman kurang lebih 30 cm hingga 1 meter. oleh karna itu berdampak, tiga orang meninggal dunia dan sebanyak 24.522 KK atau 87.496 jiwa ikut terdampak. Dan karna bencana ini membuat warga kalimntan kesulitan mengakses air bersih dan makanan.

BPBD Sintang mengklaim banjir telah surut di lima kecamatan dan tujuh lainnya masih berada dalam pantauan. Pemkab Sintang dan BPBD juga membangun pos-pos pengungsian untuk warga di masing-masing kecamatan terdampak.

2. DKI JAKARTA

Banjir menggenangi permukiman warga di wilayah Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara, pada Selasa (9/11) siang. Ketinggian air di muka jalan hingga pemukiman warga mencapai kurang lebih ketinggian 40 centimeter. Banjir juga menutupi batas antara Dermaga Kali Adem dengan permukiman.

Daerah Kelurahan Pejaten Timur, Jakarta Selatan ikut terkena dampak banjir yang menggenangi wilayah tersebut sejak Minggu (7/11) malam. Terdapat lima Rukun Warga (RW) yang terdampak yaitu RW 5, 6, 7 dan 8 dengan minimal 500-an warga dari empat RW.

3. SUMATERA BARAT

Banjir menerjang berbagai daerah di Sumatera Utara secara serentak, yaitu Kabupaten Serang Bedagai (Sergai) dan Kabupaten Simalungun sejak 2 November. Sebanyak 5.451 rumah di Sergai, terendam banjir usai curah hujan yang tinggi dan diperparah oleh pasang air laut atau banjir rob.

Kondisi ini kembali diperparah dengan banjir kiriman dari Simalungun yang sudah akhirnya mengakibatkan tanggul yang ada di Desa Mariah Padang Kecamatan Tebingtinggi jebol. Saat ini tercatat setidaknya satu orang meninggal dunia akibat bencana banjir rob ini.







Tags