• Beranda
  • Berita
  • Jangan Abaikan! Ini Ciri-ciri Anak Anda Mungkin Jadi Korban Bullying
Gaya Hidup

Jangan Abaikan! Ini Ciri-ciri Anak Anda Mungkin Jadi Korban Bullying

By Ferdiansyah Rabu, 11 September 2024 Pengunjung (39) 2 Menit Bacaan
jangan-abaikan-ini-ciri-ciri-anak-anda-mungkin-jadi-korban-bullying Foto: Getty Images/iStockphoto/shironosov/ Ilustrasi/Detik.com Ilustrasi Anak Sedang Di Bully

BERITANESIA.id - Bullying di kalangan anak-anak dapat memberikan dampak yang sangat serius, seperti trauma dan gangguan kesehatan mental yang dapat bertahan hingga dewasa. Tidak ada orangtua yang ingin melihat anaknya menjadi korban bullying, namun sayangnya banyak anak yang tidak berani berbicara kepada orangtuanya karena takut atau malu.

Sebagai orangtua, penting untuk lebih peka dan mengenali tanda-tanda bahwa anak mungkin sedang menjadi korban bullying di lingkungan sekolah atau pergaulannya.

1. Anak Selalu Tampak Lelah

Jika anak terlihat lesu dan lelah setiap pulang sekolah, meskipun tidak ada kegiatan yang berat, ini bisa menjadi tanda ada sesuatu yang salah. Psikolog Klinis Anna Surti Ariani menjelaskan, "Biasanya anak hanya lelah setelah pelajaran olahraga atau kegiatan yang dia tidak sukai. Tapi jika hari itu ada pelajaran yang dia sukai, seharusnya dia pulang dengan ceria."

Jika anak terus menerus pulang dalam keadaan lelah atau lapar meskipun telah diberi bekal, bisa jadi ini adalah tanda bahwa anak tidak sempat makan siang karena bullying.

2. Enggan Bercerita Tentang Teman-Temannya

Anak yang biasanya suka bercerita tentang sekolahnya mendadak menjadi malas bercerita, terutama tentang teman-temannya, bisa jadi sedang mengalami masalah. "Ketika anak terlihat malas menceritakan tentang teman-temannya, mungkin dia sedang mengalami konflik atau dijauhi," kata Anna. Ini bisa menjadi tanda awal bahwa anak sedang dibully.

3. Barang-barang yang Hilang

Sebagai orangtua, kita tentu hafal barang-barang yang dimiliki anak. Jika ada barang yang hilang, ini bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Namun, Anna menjelaskan bahwa kehilangan barang tidak selalu menjadi indikator tunggal bullying, tetapi harus dilihat bersama tanda-tanda lain.

4. Luka yang Tidak Dapat Dijelaskan

Jika anak sering pulang dengan luka atau memar tanpa penjelasan yang jelas, ini bisa menjadi tanda fisik bullying. Segera tanyakan pada anak apa yang terjadi dan cermati penjelasannya. Jika luka-luka ini sering muncul, orangtua harus segera mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Berita Lainnya