• Beranda
  • Berita
  • Makanan khas jogja yang sangat terkenal dan sering di buru para wisatawan.
Nasional

Makanan khas jogja yang sangat terkenal dan sering di buru para wisatawan.

By Selasa, 16 November 2021 Pengunjung (859) 2 Menit Bacaan
makanan-khas-jogja-yang-sangat-terkenal-dan-sering-di-buru-para-wisatawan -

Jogja terkenal sebagai kota sejuta kenangan. Banyak orang yang ingin kembali atau datang hanya untuk menoreh momen manis bersama orang tersayang. Salah satunya yakni mencicipi makanan khas Jogja. 

1. Gudeg

Gudeg menjadi hidangan khas Jogja yang sudah tidak asing lagi ditelinga para wisatawan. Terbuat dari nangka muda yang dimasak menggunakan santan, menjadikan gudeg digemari oleh banyak orang.

2. Bakpia Pathok

Belum lengkap rasanya jika tidak membawa pulang bakpia pathok sebagai oleh oleh andalan ke rumah. Kuliner tradisional ini telah tersohor lantaran rasanya yang gurih dan lezat dari kacang hijaunya.

3. Sate Klatak

Layaknya sate kambing, hidangan ini pun terbuat dari potongan daging kambing muda. Hanya saja, sate klatak menggunakan jeruji daripada batang bambu.

4. Yangko

Terbuat dari tepung ketan, yangko menjadi makanan unggulan yang selalu diincar oleh para wisatawan. Yangko berbentuk kotak dengan teksturnya yang kenyal dan rasa yang sangat manis.

5. Cenil

Bukan hanya terkenal di Jawa Timur, cenil pun jadi jajanan terlaris di Jogja. Cenil merupakan kuliner yang berasal dari pati ketela pohon lalu dibentuk bulat bulat kecil dan diberikan warna warni cantik.

6. Krecek

Biasanya krecek disajikan bersamaan dengan gudeg. Krecek merupakan makanan khas Jogja yang terbuat dari kerupuk kulit yang telah dimasak dengan sambal khasnya.

7. Geplak

Telah dikenal selama puluhan tahun lamanya, kehadiran geplak selalu jadi momok yang menyenangkan. Bagaimana tidak, makanan khas Jogja yang berbentuk bulat ini memiliki rasa yang sangat lezat.

8. Gatot

Namanya yang cukup unik, menjadi daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya. Begitu pula dengan rasa yang dimilikinya. Sebelum disajikan, gatot yang terbuat dari singkong biasanya dikupas lalu dijemur hingga kering.

9. Nasi Tiwul

Kabarnya, nasi tiwul sempat dijadikan sebagai makanan pokok oleh masyarakat Gunung Kidul. Untuk saat ini, keberadaan nasi tiwul selalu jadi incaran wisatawan ketika berada di Jogja.

10. Bakmi Jogja

Bakmi Jogja menjadi makanan khas Jogja selanjutnya yang harus dicicipi. Dalam proses masaknya, bakmi rebus ini dicampur dengan racikan bumbu khas Jawa.



Tag Terkait :

Berita Lainnya