Optimalisasi Podcast Sebagai Media Keterbukaan Informasi Publik Menuju Desa Digital di Desa Bantarsari Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor


BERITANESIA.ID - Kamis, 20/10/2022. Mahasiswa beserta Dosen pembina di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya Universitas Pakuan melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di desa Bantarsari Kecamatan Rancabungur Kabupaten Bogor. PKM ini terdiri dari dua Mahasiswa Ilmu Komunikasi lintas angkatan dan tujuh Dosen Pembina, diantaranya Dini Valdiani, M.Si, Langgeng Prima Anggradinata, M.Hum, dan Prameswari Handayani, M.I.Kom. Kegiatan PKM ini membantu memberikan materi mengenai optimalisasi podcast sebagai media komunikasi menuju Desa Bantarsari sebagai desa digital.

”Kami sangat senang dan berterimakasih kepada dosen-dosen dari universitas pakuan yang telah menyempatkan waktu untuk berkunjung dan membagikan ilmunya di Desa Bantarsari khususnya mengenai pemanfaatan podcast di desa kami.” Ujar Lukmanul Hakim, S. Ag, Kepala Desa Bantarsari. 


Peserta lokakarya yang terdiri dari siswa dan pemuda karangtaruna dan perangkat desa sangat antusias dengan kegiatan PKM ini, mereka berharap pelatihan mengenai optimalisasi podcast ini akan terus berkelanjutan. Saat ini Desa Bantarsari sendiri sedang berusaha untuk menjadi desa digital, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi yang terintegrasi dalam pelayanan publik dan kegiatan perekonomian.

”Kami senang sekali bisa bekerja sama dengan Desa Bantarsari yang akan menuju Desa Digital, sebisa mungkin ilmu yang kami miliki akan kami bagikan demi mendukung Desa Bantarsari menuju desa digital” kata Dini Valdiani,M.Si salah satu dosen pembina Universitas Pakuan.


Para peserta diajarkan bagaimana memproduksi sebuah tayangan podcast yang baik dari mulai pra produksi, produksi hingga pasca produksi dari tiga narasumber yang kompeten di bidang podcast ini. Ketiga Narasumber itu diantaranya adalah bapak Abdul Hadi dan Tina Maihasti yang membawakan materi ”Optimalisasi Siniar sebagai Media Komunikasi”. Mereka membahas dan mengajarkan jenis-jenis podcast hingga teknik cara membuat podcast versi sederhana. Sementara narasumber kedua, Langgeng Prima, M.Hum lebih membahas cara penulisan skrip dan teknik wawancara dalam sebuah podcast.