Pelatihan Fasilitator Desa untuk Menuju Perencanaan dan Pembangunan Desa yang Lebih Baik


BERITANESIA.ID - Melalui Hibah Dana Internal LPPM Universitas Pakuan Tahun 2022, Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Fakultas Teknik Universitas Pakuan  melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PkM) di Desa Pasir Mukti Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor, berupa “Pendampingan Masyarakat dalam Pemahaman Peran dan Fungsi Pendamping Desa serta Siklus Program Pembangunan Desa Pasir Mukti Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor”.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh tim pengabdi (Dr. Ir. Janthy Trilusianthy Hidayat, M.Si; Ir. Gde Ngurah Purnama Jaya, MT; dan Novida Waskitaningsih, ST., MT.) dibantu oleh 3 orang mahasiswa (Novialita Nursalma Deany, Adilah Mutiara Qanitah dan Gustyanshah Rizky). Kegiatan berupa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat yang nantinya akan menjadi fasilitator perencanaan pembangunan desa.


Desa Pasir Mukti dipilih sebagai lokasi kegiatan PkM karena memiliki potensi sumber daya alam dan tenaga kerja usia produktif yang tinggi untuk dapat dikembangkan. Selain itu, lokasi Desa Pasir Mukti yang cukup strategis membawa konsekuensi pada potensi pesatnya dinamika pembangunan yang dapat terjadi di masa mendatang. Sayangnya, rencana pembangunan desa seringkali tidak sesuai dengan kebutuhan dan permasalahan desa.

Salah satu penyebab utamanya adalah kurangnya kapasitas sumberdaya manusia desa/ fasilitator desa dalam mendampingi masyarakat pada proses perencanaan pembangunan secara partisipatif. Oleh karenanya pelatihan pendampingan masyarakat desa sebagai calon fasilitator desa dalam penyusunan rencana pembangunan desa diharapkan dapat membantu proses perencanaan pembangunan desa yang lebih baik dan efektif. 


Adapun pelatihan dilaksanakan pada Kamis, 12 Januari 2023 di Galeri Pembangunan Desa Pasir Mukti. Dipandu oleh Dr. Mujio, S.Pi., M.Si. sebagai pemateri, pelatihan ini difokuskan pada upaya pendampingan perencanaan desa secara partisipatif, yaitu (1) penguasaan terhadap kondisi umum masyarakat, (2) peran dan fungsi pendamping/ fasilitator desa, serta (3) siklus program pembangunan desa, dilaksanakan pada 12 Januari 2023. Pelatihan ini diikuti oleh peserta yang terdiri dari perangkat desa, BUMDes, dan PKK.

Dengan adanya pelatihan ini diharapkan masyarakat desa Pasir Mukti memiliki kompetensi awal sebagai calon fasilitator desa dan dapat bekerja sama dengan fasilitator dari satuan kerja perangkat daerah Kabupaten Bogor dalam proses pendampingan perencanaan pembangunan desa. Dengan demikian, Desa Pasir Mukti dapat memiliki rencana pembangunan desa yang sesuai dengan urgensi permasalahan, kebutuhan, serta karakteristik masyarakatnya, yang pada akhirnya dapat membawa desa ini semakin maju dan berkembang.