• Beranda
  • Berita
  • Perbedaan Antara Vaksin CoronaVac, Sinophram dan Sinovac
Nasional

Perbedaan Antara Vaksin CoronaVac, Sinophram dan Sinovac

By Senin, 13 September 2021 Pengunjung (863) 1 Menit Bacaan
perbedaan-antara-vaksin-coronavac-sinophram-dan-sinovac -

Masih banyak masyarakat yang kebingungan dengan vaksin Coronavac, Sinovac dan Sinophram itu berbeda tau sama? Vaksin Sinovac dan Coronavac merupakan vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan farmasi China. Bio Farma memproduksi vaksin corona buatan Sinovac yang diberi nama CoronaVac di Indonesia. Sederhananya, Perusahaan farmasi Sinovac berada di balik pengembangan CoronaVac.

Sinophram merupakan vaksin yang dikembangkan oleh perusahaan oleh Wuhan Institute of Biological Products dan juga Beijing Institute of Biological Products. Sinovac merupakan vaksin yang direkomendasikan untuk 18 taun ke atas. 

Lalu soal efeksi vaksin. Berdasarkan uji klinis dua dosis vaksin Sinopharm memiliki efikasi sebesar 79 persen ampuh melawan simptomatik Covid-19. Antibodi akan terbentuk dalam 14 hari setelah menerima vaksin dosis kedua. Sedangkan vaksin Sinovac memiliki efikasi berbeda pada setiap negara.

Perbedaan terakhir yakni terletak pada dosis antara Sinopharm dan Sinovac. Vaksin Sinopharm diberikan sebanyak 0,5 mililiter setiap dosis dengan jarak antar dosisnya sekitar 3-4 minggu.

Sementara untuk vaksin Sinovac, jarak antara dosis pertama dan dosis kedua adalah 2-4 minggu dengan takaran 0,5 mililiter per dosis. Di Brazil, efikasi vaksin Sinovac sebesar 51 persen pada 14 hari setelah menerima dosis kedua. Sedangkan di Indonesia, efikasi vaksin Sinovac hanya sebesar 65,3 persen.


Tag Terkait :

Berita Lainnya