Tak Bisa ke Patung Kuda, Massa Reuni 212 Kumpul di Luar Masjid Istiqlal


Massa Reuni 212 berkumpul di sekitar luar Masjid Istiqlal hendak menuju Patung Kuda, Jakarta Pusat (Jakpus), meski tidak mengantongi izin dari polisi. Pintu gerbang untuk masuk ke kompleks Masjid Istiqlal dalam keadaan tertutup.

di sekitar Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, pukul 07.15 WIB, Kamis (2/12/2021), tampak massa berkumpul di area Pintu 7 Masjid Istiqlal, tepatnya di sisi Jalan Veteran. Massa tampak sedang berbincang satu sama lain.

Pintu gerbang menuju Masjid Istiqlal tertutup, massa Reuni 212 rata-rata duduk di sekitar luar kompleks Masjid Istiqlal. Sebagian peserta aksi terlihat menyantap makanan.

Sebagian peserta aksi mulai meninggalkan area sekitar Masjid Istiqlal. Mereka beramai-ramai berjalan kaki. Belum diketahui mereka hendak ke mana.

Di sekitar lokasi saat ini, sejumlah petugas gabungan dari TNI dan Polri berjaga di depan Pintu 7 Masjid Istiqlal. Kawat berduri pun disiagakan di sekitar lokasi. Akses ke dalam masjid saat ini ditutup.

Terpantau arus lalu lintas di Jalan Veteran mengalami kepadatan. Petugas kepolisian terlihat di lokasi mengatur jalannya arus kendaraan.

Polda Metro Jaya telah menegaskan tidak akan mengeluarkan izin Reuni 212. Jika massa ngotot untuk menggelar Reuni 212, Polda Metro Jaya tak akan segan menindak.

"Apabila memaksakan juga untuk melakukan kegiatan, kami akan terapkan ketentuan hukum yang berlaku kepada mereka yang tetap memaksakan, yaitu kita akan persangkakan nanti dengan tindak pidana di KUHP Pasal 212-218 KUHP, khususnya kepada mereka yang tidak indahkan hal ini," katanya.

"Polda Metro Jaya sebagai penanggung jawab keamanan tidak berikan izin. Jadi kepada mereka yang memakskan diri, maka akan kita berikan sanksi hukum sesuai ketentuan hukum yang berlaku sesuai pidana yang berlaku," tegas Zulpan.

Selain di sini, Polres Metro Tangerang Kota melakukan penyekatan di empat wilayah lain.

"Penyekatan dilakukan di wilayah Batuceper, Ciledug, Cikokol, dan Jatiuwung. Keempatnya itu akses menuju DKI Jakarta. Empat wilayah itu kami akan bersiap mulai malam ini Rabu (1/12). Sementara di Stasiun Tangerang akan mulai ada penjagaan pada Kamis (2/12) pukul 05.00," ujar Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Deonijiu de Fatima saat dimintai konfirmasi, Rabu (1/12).


Tags