• Beranda
  • Berita
  • Alasan Lulusan Harvard Ini Memilih untuk Kembali ke Indonesia
Nasional

Alasan Lulusan Harvard Ini Memilih untuk Kembali ke Indonesia

By Selasa, 18 Agustus 2020 Pengunjung (1318) 2 Menit Bacaan
alasan-lulusan-harvard-ini-memilih-untuk-kembali-ke-indonesia -

BERITANESIA.id - Mungkin kamu udah enggak asing sama Nadhira karena belum lama ini, ia terpilih sebagai pemberi pidato di wisuda Harvard University

Untuk memberikan pidato kelulusan di hadapan mahasiswa Harvard lainnya, Nadhira harus melewati seleksi khusus. Mulai dari submit narasi pidato secara lengkap, diberikan coaching, sampai seleksi di hadapan panelis.

Tentu pressure-nya cukup tinggi, karena selain bersaing dengan mahasiswa lain dan memberikan yang terbaik, Nadhira harus melakukan itu semua secara online di tengah pandemi COVID-19.

Namun, akhirnya ia berhasil memberikan pidato kelulusan di hadapan para wisudawan Harvard University dan membanggakan nama Indonesia.


Dokter muda itu mengatakan, sebelum memutuskan kuliah di luar negeri, pastikan dulu mengetahui tujuan mengambil S2.


"Menurutku sema orang pengin, simply karena pengin ke luar negeri. Enggak pernah beneran tahu kenapa butuh S2. Jadi pastikan dulu, baru sehabis itu tentukan mau ambil bidang apa dan sekolah apa. Jangan mau masuk Harvard dulu," jelasnya.

Untuk persiapan kuliah di luar negeri juga enggak instan. Nadhira saja membutuhkan waktu sekitar setahun untuk nabung pengalaman, agar CV-nya bisa bersaing.

 

Nadhira, Lulusan Harvard yang Enggan Melanjutkan Tinggal di Luar Negeri

Mengenyam pendidikan di luar negeri dan merasakan tinggal di negara maju, enggak lantas membuat Nadhira lupa akan Indonesia. Setelah lulus dari Harvard, ia memilih untuk kembali dan ikut membangun Tanah Air.




Tag Terkait :

Berita Lainnya