• Beranda
  • Berita
  • Disebut Bupati Termiskin Se-Indonesia, Yuli Hastuti: Jabatan Ini Adalah Pengabdian
Nasional

Disebut Bupati Termiskin Se-Indonesia, Yuli Hastuti: Jabatan Ini Adalah Pengabdian

By Adhya Rabu, 25 September 2024 Pengunjung (49) 1 Menit Bacaan
disebut-bupati-termiskin-se-indonesia-yuli-hastuti-jabatan-ini-adalah-pengabdian Bupati Purworejo Yuli Hastuti (Instgram @hj.yuli_hastuti.sh)

Bupati Purworejo, Yuli Hastuti, baru-baru ini menjadi perhatian publik setelah disebut sebagai bupati termiskin se-Indonesia oleh sebuah media online. Meski begitu, Yuli tidak merasa terganggu dengan predikat tersebut. Baginya, jabatan bupati adalah panggilan untuk mengabdi kepada masyarakat, bukan untuk memperkaya diri.

Yuli dilantik secara resmi sebagai Bupati Purworejo oleh Penjabat Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana, pada Desember 2023. Dalam laporan harta kekayaannya kepada KPK, Yuli tercatat memiliki kekayaan sebesar Rp 367 juta, tanpa memiliki tanah atau rumah pribadi.

Namun, Yuli tetap memegang teguh prinsip bahwa jabatan bukanlah alat untuk menumpuk harta. "Meski ada yang menyebut saya sebagai bupati termiskin se-Indonesia, saya tidak minder. Bagi saya, jabatan bupati adalah amanah untuk mengabdi kepada masyarakat, sebagaimana pesan dari almarhum suami saya," ujar Yuli.

Yuli menambahkan bahwa selama menjabat, ia sering menggunakan mobil anak-anaknya jika tidak menggunakan kendaraan dinas. Rumah yang ditempati juga merupakan warisan keluarga almarhum suaminya yang dibangun pada tahun 1800-an. Meski hidup dengan harta yang tidak berlimpah, Yuli tetap menekankan pentingnya pengabdian dalam jabatannya.

Saat ini, Yuli tengah bersiap untuk cuti menjelang Pilkada Purworejo 2024, dan akan kembali tinggal di rumah keluarganya di Desa Grabag setelah masa cutinya dimulai.

 

Berita Lainnya