• Beranda
  • Berita
  • Pemerintah Jateng Siapkan Langkah Antisipasi Terhadap Ancaman Zona Megathrust
Nasional

Pemerintah Jateng Siapkan Langkah Antisipasi Terhadap Ancaman Zona Megathrust

By Ribi Amalia Selasa, 03 September 2024 Pengunjung (35) 2 Menit Bacaan
pemerintah-jateng-siapkan-langkah-antisipasi-terhadap-ancaman-zona-megathrust (sumber gambar:RM.ID)

BERITANESIA.ID, Jakarta - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) baru-baru ini mengeluarkan surat edaran penting mengenai potensi ancaman zona megathrust di Pulau Jawa. Zona ini berpotensi menimbulkan gempa dan tsunami dengan magnitudo yang sangat besar. Surat edaran ini mencakup langkah-langkah mitigasi dan kesiapsiagaan yang harus diambil oleh semua instansi dan masyarakat dalam menghadapi potensi ancaman ini.

“Setelah mendapatkan informasi dari BMKG, kami segera mengeluarkan surat edaran kepada kabupaten dan kota untuk melakukan tindakan mitigasi,” ungkap Sekretaris Daerah Provinsi Jateng, Sumarno, dalam pernyataannya pada Jumat (30/8/2024). Menurut Sumarno, beberapa daerah di pesisir pantai akan langsung terpengaruh oleh zona megathrust ini. Daerah mana sajakah yang berisiko tinggi terkena dampak gempa besar?

Daerah Berisiko di Jawa Tengah

Daerah-daerah di Jawa Tengah yang diperkirakan akan berhadapan langsung dengan zona megathrust meliputi:

  • Kabupaten Cilacap
  • Kabupaten Kebumen
  • Kabupaten Purworejo
  • Kabupaten Wonogiri

Sumarno menambahkan bahwa seluruh instansi dan masyarakat harus lebih siap menghadapi kemungkinan bencana, terutama di wilayah zona megathrust pantai selatan Jawa Tengah. “Kami berharap gempa dan tsunami tidak terjadi, namun jika hal itu terjadi, kami telah menyiapkan langkah-langkah antisipasi,” jelasnya. Instansi terkait juga diminta untuk memeriksa kembali alat peringatan dini, sistem komunikasi kebencanaan, dan memastikan tempat evakuasi aman dan tersedia.

Kesiapsiagaan dan Edukasi Masyarakat

Pemerintah setempat diharapkan memastikan adanya papan informasi, rambu-rambu, serta petunjuk evakuasi yang memadai, terutama di daerah pesisir pantai selatan Jawa Tengah. Selain itu, peningkatan edukasi dan sosialisasi mengenai gempa bumi dan tsunami kepada masyarakat sangat penting. “Kami juga meminta agar simulasi penyelamatan diri dilakukan secara rutin untuk meningkatkan pengetahuan dan kesiapan masyarakat,” ujar Sumarno.

Pemerintah juga akan meningkatkan koordinasi dengan BMKG mengenai informasi cuaca dan aktivitas seismik di wilayah masing-masing.

Potensi Gempa Megathrust di Jawa Tengah

BMKG sebelumnya telah memetakan tiga segmen megathrust di zona ini yang berpotensi menyebabkan gempa dengan magnitudo di atas 8. Segmen-segmen tersebut adalah:

  • Megathrust Selat Sunda-Banten
  • Megathrust Jawa Tengah-Jawa Timur
  • Megathrust Jawa Barat

Tiga segmen ini berpotensi menimbulkan gempa hingga magnitudo 8,7, dengan risiko mencakup area seluas 200-240 kilometer dan pergerakan 7 sentimeter per tahun. "Jawa Tengah memiliki 3 segmen megathrust yang berpotensi mengancam, dan ini dihitung berdasarkan perhitungan para ahli," ujar Kepala BMKG, Hery Susanto.

Berita Lainnya