• Beranda
  • Berita
  • Antisipasti Lebih Awal, Sediakan Ribuan Rapid untuk Test Peserta UTBK
Nasional

Antisipasti Lebih Awal, Sediakan Ribuan Rapid untuk Test Peserta UTBK

By Rabu, 15 Juli 2020 Pengunjung (1076) 2 Menit Bacaan
antisipasti-lebih-awal-sediakan-ribuan-rapid-untuk-test-peserta-utbk -

BERITANESIA.id - Pada tahap II Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Universitas Airlangga (Unair) menyediakan ribuan rapid test bagi peserta UTBK. Pelaksanaan UTBK akan dilaksanakan pada 20 hingga 29 Juli mendatang. Oleh karena panitia UTBK Unair mengantisipasi adanya calon peserta UTBK yang belum rapid test menganjurkan untuk rapid test lebih awal. 

Rektor Unair Prof M Nasih mengatakan, bagi calon peserta UTBK yang mengalami kesulitan dan ingin melakukan rapid test di Unair bisa mulai Kamis (16/7). Tepatnya tiga hari sebelum pelaksanaan UTBK gelombang kedua. "Kita anjurkan tes lebih awal kalau reaktif bisa segera makan enak dan menjaga kesehatannya. Sehingga waktu tes lagi sudah nonreaktif dan swab negatif. Karena kalau reaktif di tahap kedua sudah tutup nggak ada pengalihan jadwalnya lagi," katanya, Selasa (14/7).

Masih menuturkan, para calon peserta bisa tahu di awal hasil rapid test-nya. Pihaknya berharap, semua hasilnya nonreaktif agar dapat melaksanakan UTNK dengan lancar, sehat dan nyaman.

"Untuk tahap kedua ada 6.000 kit bagi para calon peserta UTBK. Kami di sini melayani para peserta yang mengalamii kesulitan di daerah masing-masing, bisa ikut pelayanan rapid test di Unair dan gratis pada para peserta," terangnya.

Pihaknya juga berharap, pada tahap kedua ini tingkat kehadiran peserta lebih tinggi dibandingkan tahap pertama. Jika terkendala rapid test, Unair sudah siap sedia memberi layanan di tempat. "Kita sudah siapkan 2.000 lebih kit ditambah 4.000 antigen. Untuk tahap kedua ada 6.000 kit bagi para calon peserta UTBK. Mudah-mudahan memperlancar proses dan kita ingin tingkat kehadiran lebih tinggi," ungkapnya.

Sementara itu Nasih yang juga menjabat sebagai Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mengatakan, UTBK tahap pertama berjalan lancar. Sebab, peserta yang hadir mencapai 93 persen. "Berjalan sangat lancar. Alhamdulillah dengan rata-rata tingkat kehadiran 93,02 persen. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dari tahun-tahun sebelumnya yang berkisar di antara 80,9 persen," jelasnya.

Nasih mengungkapkan, di Surabaya, peserta UTBK tidak terlalu tinggi. Seperti di Unair dan ITS. Namun Nasih menjelaskan, di Surabaya peserta UTBK tidak terlalu tinggi. Seperti di Unair dan ITS. Di Surabaya sendiri tidak sangat tinggi, tapi di atas 90 persen. Unair di Surabaya termasuk yang agak rendah. Hanya 91,08 persen dari 12 ribu sekian yang hadir 11.700 sekian. ITS hampir sama dengan Unair yakni 91,62 persen. Jember ada di posisi 91,7 persen. Sementara UPN Jatim 9.000an," pungkasnya. 

Sumber : Jawapos.com

 

 

Tag Terkait :

Berita Lainnya